Polres Tuban – Dalam rangka hari bumi, Yayasan Tuban Hijau, Acaraina Rengel bersama dengan ratusan santri yang tergabung dalam Forum Santri Pondok PesantrenĀ  Kabupaten Tuban menggelar kegiatan Penanaman 13.000 pohon dan deklarasi masyarakat santri peduli hutan. Sabtu (22/4/2017).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di petak 86 dan 87 Kawasan Hutan Perhutani di Dusun Jatencilik Desa Rengel Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Selain dihadiri oleh para santri, Acara pada pagi itu juga di hadiri oleh Asisten Teriorial KSAD Brigjen TNI Widagdo H Sukoco, Danrem 082 Kolonel Gatot, Forpimda Kabupaten Tuban, TNI/Polri, Muspika Kecamatan Rengel, sejumlah pelajar dan beberapa elemen masyarakat.

Acara diwarnai dengan deklarasi masyarakat santri peduli hutan yang dibacakan oleh Ir. Kristomo dari Yayasan Tuban HijauĀ  didampingi oleh Ketua Acarina. Setelahnya, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara serentak oleh para peserta. Tak terkecuali Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad juga turut menanam pohon bersama peserta yang lain.

Menurut Ali Baharudin, Ketua Yayasan Acarina, kegiatan tersebut digagas lantaran banyaknya bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah seperti bencana longsor dan banjir bandang. Bencana alam tersebut salah satunya disebabkan oleh faktor kerusakan hutan akibat ulah tangan jahil manusia.

“Kegiatan ini adalah bentuk riil dan upaya penyelamatan alam serta merupakan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan”, kata Ali kepada sejumlah awak media.

Sementara itu dituturkan oleh Asisten Teritorial KSAD TNI Brigjen Widagdo H Sukoco seusai kegiatan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon tersebut, demi menjaga kelestarian lingkungan.

“Harapannya, semoga dengan adanya kegiatan ini TNI Polri dan seluruh masyarakat lebih peduli dengan kelestarian alam sehingga kegiatan ini juga membawa manfaat bagi kelangsungan dan kelestarian alam”, kata Brigjen Widagdo.

Brigjen Widagdo juga berpesan kepada seluruh peserta yang hadir agar betul-betul merawat pepohonan yang telah ditanam, sehingga dapat tumbuh dan berkembang sekaligus dapat menghijaukan kembali hutan yang ada di wilayah Kecamatan Rengel.

Kegiatan itu sendiri berjalan dengan aman dan lancar atas pengamanan yang dilakukan oleh petugas gabungan TNI-Polri. Kepala Kepolisian Sektor Rengel, AKP Musa Bakhtiar bahkan terjun langsung dalam pengamanannya.

 

 

Humas Polsek Rengel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here