wacananews.com – PolresTubanPoldaJatim Guna menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik antara Kepolisian dengan semua potensi yang ada di wilayah hukum Polsek Senori. Unit Binmas Polsek Senori Polres Tuban menerapkan metode sambang dengan cara Dor To Dor System (DDS).

Tidak hanya dengan Perangkat Desa, Ulama dan tokoh-tokoh masyarakat, kegiatan DDS yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Senori juga menyentuh lembaga pendidikan.

Seperti yang dilaksanakan oleh Ps, Kanit Binmas Aipda Sugeng Hariyanto,  pada hari Senin (6/1/2020) melakukan sambang ke  SMAN 1 Senori. Kegiatan DDS ke sekolah yang beralamat di Desa Sidoharjo Kec, Senori tersebut, dimaksudkan untuk menjalin kerjasama antara Polsek Senori dan pihak sekolah dalam rangka peran serta Polri dalam dunia pendidikan. 

Abdul Halim, Kepala Sekolah SMAN 1 Senori menyatakan, pihaknya telah mempunyai kerjasama dengan Polsek Senori dalam rangka pengembangan pendidikan di lembaga sekolahnya. Dengan adanya kesepakatan kerjasama tersebut pihaknya secara rutin mengundang anggota Polsek Senori untuk menjadi Pembina Upacara atau memberikan binluh kepada siswa di sekolahya.

“Dengan kerja sama dengan Kepolisian diharapkan para siswa mendapatkan ilmu yang tidak didapatkan dari para guru, minimal anak-anak mempunyai tingkat kedisiplinan yang lebih baik” tuturnya.

Dia menyatakan selain rutin menjadi Pembina Upacara pada kegiatan Upacara bendera hari Senin. Sekolahnya juga melibatkan kepolisian dalam berbagai kegiatan, seperti mengisi materi pada kegiatan MOS, Seminar dan kegiatan yang lain.

Sementara itu dilokasi berbeda Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono, S.H., S.I.K., M.Si.,  melalui Kapolsek Senori AKP, Musa Bakhtiar, S.Sos., M.M., menjelaskan salah satu tugas pokok Bhabinkamtibmas adalah melakukan pembinaan kepada warga masyarakat yang didalamnya termasuk lembaga pendidikan.

Oleh karenanya sebagai pimpinan di Polsek Senori kita selalu mendorong kepada anggota Bhabinkamtibmas untuk berperan aktif dalam dunia pendidikan di sekolah yang ada di desa binaannya masing-masing.

“Bhabinkamtibmas bisa berperan sebagai Pembina Upacara setiap hari Senin atau melaksanakan binluh di sekolah” ungkap Kapolsek.

Banyak hal yang bisa disampaikan oleh Bhabinkamtibmas kepada pelajar ketika melaksanakan binluh di sekolah,  bisa menyampaikan tentang bahaya Narkoba, tentang keselamatan dan tertib berlalu lintas, radikalisme, kenakalan remaja atau yang akhir-akhir ini lagi marak tentang berita hoax, tambah Perwira dengan Tiga Balok di Pundak ini. (wd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here