JEMBER – Diduga karena termakan usia pohon di hutan Gumitir tepatnya di KM. 35.500, di tikungan pos 4 sebelum puncak Watu Gudang, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, roboh pada dinihari hari Rabu sekitar jam 01.15 WIB.

Meskipun kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun pohon besar yang tumbang tersebut menghalangi akses jalur Nasional lintas Gumitir yang menghubungkan Kabupaten Banyuwangi dengan Jember.

Namun Gerak cepat ( gercep) anggota Polsek Sempolan Polres Jember bersama warga dan BPBD Jember mengevakuasi pohon tersebut, kini jalur tersebut kembali normal.

Kapolres Jember, AKBP Bayu Pratama Gubunagi melalui Kapolsek Sempolan, AKP. M. Na’I mengatakan pohon berdiameter 150 cm tumbang akibat angin kencang.

“Sekarang jalur sudah terbuka, pohon sudah kami evakuasi tadi sebelum subuh,”kata AKP. M. Na’I, Rabu (8/5).

Ia menghimbau kepada Masyarakat yang melintas di jalur Gumitir lebih meningkatkan kewaspadaanya mengingat angin kencang.

Selain itu jika musim hujan, jalur Nasional lintas Gumitir ini juga terdapat beberapa titik yang rawan longsor.

“Kami himbau Masyarakat yang melintasi jalur Gumitir lebih waspada terlebih jika cuaca hujan,”ujar AKP. M. Na’I.

Kejadian seperti ini kata AKP. M. Na’I menjadi pembelajaran bagi semua pihak untuk selalu siap tanggap dalam menghadapi situasi darurat dan menjaga infrastruktur yang ada agar tetap aman dan berfungsi dengan baik. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here