polrestuban.com- Dalam rangka bulan Ramadhan dan menjalin silahturahmi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tuban yang terdiri dari sejumlah kelompok elemen masyarakat di menggelar pertemuan rutin dan buka puasa bersama.

Perwakilan dari berbagai agama di Tuban ada 6 agama itu melangsungkan kegiatan diĀ  Plaza Ikan, Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban dihadiri sejumlah instansi terkait seperti Kesbangpol, Kemenag, Kapolres Tuban dan sejumlah PJU serta Kepala kelurahan setempat, Rabu (22/5/2019).

Dari pantauan redaksi Tuban.com, FKUB Kab. Tuban selama bulan puasa juga membagikan ta’jil untuk warga di bundaran patung dimana kegiatan tersebut di hadiri perwakilan dari beberapa agama, di Tuban ( Katolik, protestan, hindu, Budha, khonghucu dan Islam). Kegiatan penuh toleransi dalam balutan guyup rukun yang digagas Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono tsb mendapat Apresiasi dari masyarakat dan warganet.

Ketua FKUB Tuban, KH. Masduqi mengatakan, kehidupan beragama di Kabupaten Tuban penuh kebersamaan dan toleransi sekali.

Menurut Kiai Masduki, kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat termasuk berbuka puasa dengan tokoh dari berbagai latar belakang agama tersebut memiliki tujuan untuk menghilangkan stereotipe ( dapat berupa prasangka positif dan juga negatif, dan kadang-kadang dijadikan alasan untuk melakukan tindakan diskriminatif) serta guna melawan radikalisme yang dapat memecah belah persatuan bangsa dan negara.

Pertemuan ini hanyalah sebagian kecil dari apa yang bisa dilakukan untuk hubungan harmonis antara umat beragama di Indonesia. “Masih banyak ruang diskusi dan pertemuan serta kegiatan lain yan kami lakukan untuk mempererat Kerukunan dan toleransi dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara di Republik ini,” kata Masduqi.

Dalam kesempatan ini FKUB Tuban menyatakan sikap menolak dan mengutuk segala bentuk kekerasan pasca Pemilu yang menyebabkan rakyat menderita, dan ketakutan yang di sebabkan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggungjawab yang tidak menginginkan ketentraman dan kedamaian serta mendukung penuh pemerintah beserta POLRI ~ TNI dalam menegakkan hukum dan peraturan.

” Kami FKUB Kab Tuban menolak dan mengutuk segala bentuk kekerasan pasca Pemilu yang menyebabkan rakyat menderita, dan ketakutan yang di sebabkan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggungjawab yang tidak menginginkan ketentraman dan kedamaian serta mendukung penuh pemerintah beserta POLRI ~ TNI dalam menegakkan hukum dan peraturan, ” tegas MASDUKI. (Nur/Putri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here