Polres Tuban di bulan ini sedang gencar gencarnya menggelorakan semangat kemerdekaan Indonesia dengan disiplin berlatih utk pocil kita dengan intruktur dari Anggota Satlantas Polres Tuban Aiptu Bastari Pelatihnya. Tidak lain kegiatan ini bertujuan utk membangun pribadi yang disiplin pada anak-anak yang memang tidaklah mudah. Sehingga orang tua perlu cara-cara tersendiri agar anak memahami disiplin dan menerapkannya pada kehidupannya sehari-hari.

Satlantas Polres Tuban punya program khusus bagi anak-anak untuk menerapkan kedisiplinan sejak dini yang dinamakan program ‘Polisi Cilik’.
Dasar pemikirannya untuk pembentukan karakter sejak anak-anak, sehingga besarnya itu nanti akan terbawa. Jadi untuk membentuk atau merubah ke arah lebih baik, bisa disiplin, lebih kompak dan bekerjasama satu sama lain tandas Kasat Lantas Polres Tuban AKP RICKY TRI DHARMA, SH, SIK.
Dari kami Satlantas Polres Tuban memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap anak-anak pelajar dalam rangka program polisi cilik ini. Polisi cilik ini tidak hanya diberikan pengetahuan teoritis mengenai kriminal, kehidupan sosial dan lainnya, tetapi dibekali praktek yang mengarahkan pada kedisiplinan.Contohnya baris-berbaris, kemudian ada pengarahan apabila menyeberang di jalan raya seperti apa. Anak-anak juga diajarkan untuk tidak mudah diajak orang yang tidak dikenal sebagai upaya pencegahan kejahatan penculikan terhadap anak-anak, jelas Kasat Lantas Polres Tuban.
Dengan program polisi cilik ini, diharapkan anak-anak bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Artinya, anak-anak bisa lebih waspada dan bisa menjaga dirinya sendiri ketika turun ke lingkungan sekolah atau lingkungan di luar rumahnya.
“Minimal dia bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Kita berharap dengan program ini akan terbentuk pribadi yang kuat, disiplin, mandiri dan baik. Ini perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak karena mereka adalah generasi penerus bangsa” tuturnya.
Dalam hal ini dijelaskan bahwa latihan POCIL tiap sore (1 minggu 3 kali) yg dilaksanakan di SDN Latsari Tuban dan gabungan dari beberapa SD di Kab. Tuban ini terdiri dari 34 orang ditambah 1 dantonnya (komandan pleton),” ucapnya.
Dalam perlombaan ini, juri akan memilih kelompok polisi cilik terbaik yang paling kreatif, orisinil dan kompak. Kalau adik-adik mau ikutan, daftarkan saja sekolahnya untuk menjadi polisi cilik ke Polres setempat.
Naahhh dengan demikian alangkah baiknya kalo kita saling berbagi dalam penanaman disiplin kepada mereka para generasi penerus bangsa yaitu anak anak kecil kita yg hebat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here