polrestuban-Langen Tayub merupakan kesenian tradisional yang telah ada sejak turun temurun. Sumber sejarah mengatakan, Langen Tayub awalnya hanya ada dalam lingkungan keraton Jawa. Pada saat itu, kesenian ini bertujuan untuk menyambut raja-raja maupun tamu penting dari berbagai kerajaan. Langen tayub ditampilkan dengan sebuah tarian lemah gemulai yang dibawakan oleh para penari dengan diiringi gending slendro. Eksistensi kesenian ini mampu memikat masyarakat pada saat itu.

Keberadaan langen tayub pun semakin dekat dengan masyarakat hingga akhirnya menjadi salah satu kesenian yang sering ada pada masyarakat. Kesenian ini mulai menyebar dan telah melalui proses kehidupan sosial di beberapa daerah Jawa, khususnya di Kabupaten Tuban,  untuk menjaga keamanan dan ketertiban  serta melestarikan kesenian tradisionil bertempat di desa sumurgung kec Montong Kab Tuban anggota polsek montong memberikan sambutan sebelum acara dimulai serta memberikan pesan kamtibmas, kamis, 13/7/2017

Aiptu Jamal   mengatakan bahwa Langen tayub juga mampu menarik atensi masyarakat dari berbagai kalangan. Sebagai contoh bagi pedagang, mereka akan mendapat keuntungan dari pertunjukan langen tayub. Masih banyak orang yang selalu datang untuk melihat pagelaran sindir. Hal ini dikarenakan tidak semua kalangan masyarakat dapat nanggap atau mengundang sindir sebagai hiburan pada hajatan masyarakat. Hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat Tuban yang menganggap bahwa kesenian ini merupakan hiburan untuk masyarakat kalangan menengah atau menengah keatas. Sehingga saat langen tayub diundang dalam sebuah hajatan, akan selalu ada penonton maupun tamu yang hadir untuk menyaksikan.  Namun demikian hal ini jangan sampai kegiatan ini disalah gunakan dengan hal hal yang negative seperti mabuk mabukan, judi  bahkan sampai pertikaian. Lebih lanjut aiptu jamal mengajak kepada pengemar tayub mari kita jadikan kesenian ini sebagai ajang silaturahmi untuk menjaga kerukunan bersama.

( humas polsek montong )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here