Polres Tuban – Desa Kanorejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban secara geografis terletak di tepian Sungai Bengawan Solo, jika musim penghujan tiba Desa ini sangat rawan dengan bencana banjir.

Untuk menanggulangi hal itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban menggelar sosialisasi Desa Tanggap Bencana (Destana) di Balai Desa Kanorejo, Rabu (19/4/2017).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Muspika Kecamatan Rengel, segenap pemerintah desa serta masyarakat Desa Kanorejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban.

Menurut Kepala BPBD, Joko Ludiyono dalam sosialisasi pembentukan Destana, sosialisasi kepada warga untuk bisa tanggap bencana sangat penting, sebab andai terjadi bencana di tengah masyarakat, mereka yang lebih dulu tahu. Dan mereka dapat mengantisipasi segala kemungkinan dampak dari bencan itu sendiri.

“Desa Kanorejo akan dibentuk desa tangguh bencana yang pengurusnya ditunjuk oleh Kades Kanorejo dengan tujuan dari masyarakat untuk masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Rengel yang diwakili oleh Kanit Reskrim Polsek Rengel IPDA Ali Shodikin yang hadir dalam kegiatan menyampaikan bahwa pihak Kepolisian Sektor Rengel sangat mendukung rencana pembentukan Destana itu.

Menurutnya, deteksi dini dari masyarakat akan terjadinya bencana khususnya banjir sangat penting sehingga memudahkan instansi terkait untuk melakukan tindak lanjutnya.

 

 

Humas Polsek Rengel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here