wacananews.com – PolresTubanPoldaJatim Kapolres Tuban didampingi Forkopimda Kabupaten Tuban meresmikan Kampung Tangguh Semeru di Dusun Krajan, Desa Jlodro, Kec. Kenduruan, Kab. Tuban, Kamis (11/6/2020).

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H mengungkapkan, pandemi Covid-19 menjadi hal yang baru bagi warga dunia. Berbagai negara mencari solusi untuk mengatasi Covid-19, salah satunya pemberlakuan lockdown.

Pemerintah Pusat menganggap penerapan lockdown cenderung berdampak negatif dibandingkan dampak positifnya. Karenanya, pemerintah memilih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan New Normal (tatanan hidup baru).

Penerapan New Normal di daerah harus memenuhi sejumlah persyaratan baik medis maupun non-medis. Guna mendukung kebijakan pemerintah pusat, Polres Tuban bersama Forkopimda Tuban terus berupaya mencegah dan menangani Covid-19, salah satunya adalah pembentukan Kampung Tangguh Semeru di seluruh kecamatan.

Keberadaan Kampung Tangguh Semeru merupakan penanganan Covid-19 berbasis komunitas dan gotong royong.

Kapolres menjelaskan, partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan penanganan Covid-19 di masing-masing wilayah.

“Lingkungan tempat tinggal menjadi kunci keberhasilan mencegah Covid-19,” ungkapnya.

Masyarakat diminta terus meningkatkan kesadaran, dan kedisipinan menaati protokol kesehatan. Mereka diimbau untuk saling mengingatkan.

Hadirnya Kampung Tangguh Semeru diharapkan mampu menghadapi bahaya Covid-19 baik dari sisi kesehatan, ekonomi, maupun sosial dan budaya.

Ia mengapresiasi Kepala Desa, Satgas Covid-19, Relawan dan Warga Desa Jlodro yang bergerak cepat dalam penanganan Covid-19. Meskipun di wilayah Kec. Kenduruan khususnya Desa Jlodro belum terdapat warga yang terdampak Covid-19, namun Kapolres Tuban tetap mengingatkan kepada warga untuk selalu patuh dan mentaati anjuran dari pemerintah.

“Kita berdoa bersama agar kita senantiasa diberikan kesehatan dan perlindungan Allah SWT,” tuturnya.

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., SH., M.H., menjelaskan Dusun Krajan Desa Jlodro menjadi Kampung Tangguh Semeru ke tujuh di Kabupaten Tuban. Keberhasilan kampung tangguh perlu dukungan dan partisipasi warga. Masyarakat diharapkan bergotong-royong untuk menangani Covid-19 secara komunitas.

“Sebagai contoh, adanya lumbung pangan dapat dimanfaatkan bagi warga yang terdampak Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, warga Desa Jlodro diminta untuk selalu waspada mengingat desa Jlodro berlokasi diperbatasan Jatim-Jateng dan memiliki penduduk yang padat. Kampung Tangguh Semeru diharapkan menjadi stimulan untuk meningkatkan kedisiplinan diri taat protokol kesehatan.

Di samping itu, masyarakat harus bersiap dan menghadapi dengan kebiasaan baru dengan beradaptasi.

Sementara itu Kepala Desa Jlodro, Suroso, menyebutkan, di desanya memiliki Kampung Tangguh Semeru di Dusun Krajan, Kampung Tangguh Semeru di Dusun Krajan, Desa Jlodro berupaya menangani dampak Covid-19 bagi warganya, baik medis maupun non medis.

“Harapannya, semua upaya yang dilakukan ini dapat terus bertahan dan berjalan. Karenanya, perlu dukungan baik dari masyarakat, pemerintah daerah maupun instansi lainnya,” serunya.

Tidak hanya itu, masyarakat diharapkan secara mandiri mampu mencegah penyebaran virus dan berdaya untuk keluar dari dampak Covid-19.

Perlu dijelaskan bahwa, usai peresmian Kampung Tangguh Semeru di Dusun Krajan, Desa Jlodro, Kec. Kenduruan, Kab. Tuban dilaksanakan simulasi penanganan korban Covid-19 oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 dan relawan tentang tata cara merawat pasien yang terkena virus corona (covid-19) dan cara pemulasaraan jenazah Covid-19 sesuai dengan  protokol kesehatan.

Tampak hadir pada kegiatan ini, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H, Dandim 0811 Tuban LETKOL INF. Viliala Romadhon, S.E., M.I.Pol., Bupati Tuban yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tuban Bambang Priyo Utomo, PJU Polres Tuban, Kapolsek Kenduruan AKP Budi Handoyo, S.H, Camat Kenduruan Drs. Joko Purnomo, Danramil Kenduruan KAPTEN INF. Sunaryo, Kapolsek Jatirogo AKP Elis Suenda, Danramil Jatirogo KAPTEN INF. Ghofar, Kepala desa Jlodro Suroso berserta perangkat desa,  Kepala Desa se Kec. Kenduruan, Satgas Covid-19 dan Relawan Desa Jlodro, Kec. Kenduruan, Kab. Tuban.

Sebelumnya juga telah diresmikan 6 Kampung Tangguh di beberapa kecamatan. Adapun enam kecamatan. Yaitu Kecamatan Jenu, Senori, Parengan, Bangilan, Semanding dan Kecamatan Widang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here