wacananews.com – PolresTubanPoldaJatim dalam upaya peningkatan kamtibmas dimasyarakat Polsek Soko hadir dalam pembentukan Pokdarmas (Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Desa Sokosari Kec.Soko , Kab.Tuban Senin Siang (6/7) di Balai Desa Sokosari.
Kali ini Waka Polsek Soko Ipda Muhaimin saat memberikan pengarahan kepada Pengurus Pokdar Kamtibmas menyampaikan terima kasih kepada pokdar kamtibmas yang telah bersedia hadir untuk bersama-sama menjaga kondusifitas di wilayah Kecamatan Soko khususnya lagi Desa Sokosari.
Keamanan adalah kebutuhan bersama sehingga terwujud kenyamanan dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Sesuai UU Nomor 2 Tahun 2002 menjaga harkamtibmas adalah tugas pokok Polri tetapi kami menyadari kami tidak bisa menjalankan semua itu tanpa partispasi semua elemen masyarakat.
Pokdar Kamtibmas adalah Kelompok Sadar Kamtibmas yang memahami pentingnya keamanan dan ketertiban masyarakat, yang bekerja secara suka rela menjaga kondusifitas wilayah masing-masing. Dasarnya adalah Surat Keputusan Kapolri tentang Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdarkamtibmas).
Tugas Pokdarkamtibmas membantu Polri dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, membantu meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, membina dan menjalin persaudaraan antar organisasi masyarakat yang mempunyai tujuan sama yaitu menciptakan NKRI yang utuh, membangun dan meningkatkan kerja sama dengan tomas, tokoh pemuda dalam pemecahan masalah, melaksanakan tugas secara profesional, proporsional dan tidak diskriminatif.
Beberapa kegiatan pokdarkamtibmas antara lain membantu polri mengamankan TKP agar tetap steril, membantu polri melakukan tindakan pertama di TKP, membantu tugas polri dalam rangka pengamanan peringatan hari-hari besar, mengamankan pelaku kejahatan yang tertangkap tangan.
Selain itu pembentukan pokdar kamtibmas merupakan langkah nyata Polsek Soko dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif dengan melibatkan peran serta masyarakat,Pungkas Ipda Muhaimin.
(humassoko).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here